English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Sunday, April 21, 2013

Sejarah Telkom


PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) adalah salah satu badan usaha yang awalnya bernama  post-en Telegraph, yaitu suatu perusahaan swasta yang bergerak di bidang  telekomunikasi dan jasa pos. Didirikan dengan staatsblad dislenggarakan oleh pihak swasta.Hingga tahun 1905 terdapat 38 perusahaan telekomunikasi, pada tahun 1906 diambil alih oleh pemerintah Hindia Belanda dengan berdasarkan staatsblad No.359 tahun 1906, sejak saat itu berdirilah post telegraf en telefoondients atau disebut PTT-Dients. PTT-Dients ditetapkan sesebagai perusahaan Negara berdasarkan staatsblad No.419 tahun 1927 tentang Indonesia Bedrijvenwet (I.B.W. Undan-undang perusahaan negara).
Jawatan PTT ini berlangsung sampai dikelurkannya peraturan pemerintah pengganti undang – undang (Perpu) No. 9 tahun 1960 oleh pemerintah Republik Indonesia, tentang persyaratan suatu perusahaan Negara dan PTT-Dients memenuhi syarat untuk tetap menjadi Perusahaan Negara (PN).
Kemudian berdasarkan peraturan pemerintah no.240 tahun 1961, tentang pendirian Perusahaan Negara Pos dan Telekomunikasi disebutkan bahwa perusahaan Negara sebagimana dimaksud dalam pasal 21.B dilebur dalam Perusahaan Negara Pos dan Telekomunikasi (PN.Pos dan Telekomunikasi).
Dalam perkembangan selanjutnya pemerintah memandang bahwa Perusahaan Pos dan Telekomunikasi (PN.Pos dan Telekomunikasi) merupakan dua hal yang berbeda dan tidak dapat disatukan. Oleh karena itu, pemerintah mengeluarkan peraturan pemerintah tahun 1965 No.29 yangberisikan terpisahnya Perusahaan Pos dan Telekomunikasi (PN.Pos dan Telekomunikasi) menjadi Perusahaan Pos dan Giro (PN.Pos dan Giro). Pada tahun 1974 dengan peraturan pemerintah No.36 bentuk tersebut diganti menjadi Perusahaan Umum (Perum) Telekomunikasi. Dalam peraturan pemerintah tersebut juga dinyatakan bahwa  Perusahaan Umum (Perum)Telekomunikasi merupakan penylenggaraan jasa Telekomunikasi untuk umum baik dalam maupun luar negeri. Hubungan telekomunikasi luar negeri saat itu juga ditangani oleh PT.Indonesia Satelite Corporation (Indosat) yang merupakan perusahaan asing dari American Cable & Radio Corporation Milik Amerika.
Akhirnya pada tahun 1980 saham milik indosat di beli sepenuhnya oleh Pemerintah Republik Indonesia. Berdasarkan peraturan pemerintah No.53 tahun 1980 untuk meningkatkan jasa pelayanan telekomunikasi bagi masyarakat Indonesia, ditentukan bahawa Perusahaan Umum (Perum) Telekomunikasi merupakan badan usaha yang berwenang menangani jasa telekomunikasi untuk umum dan negeri dan Indosat merupakan badan usaha yang berwenang menangani jasa telekomunikasi untuk umum Internasional.
Memasuki Repelita V pemerintah RI merasa perlu melakukan pembangunan yang lebih dalam bidang palayanan jasa telekomunikasi bagi masyarakat. Selain itu pemerintah berpikir bahwa untuk mendapatkan pelayanan telekomunikasi terbaik diperlukan maajemen yang lebih professional. Untuk itu berdasakan peraturan pemerintah No. 25 tahun 1991 bentuk Perusahaan Umum (Perum) diubah menjadi perusahaan perseroan (Persero). Sejak saat itulah terbentuk Perusahaan Perseroan (Persero) Telekomunikasi Indonesiia atau TELKOM (Hertriesa dan  Medianingsih, 2008).

Terkait

Description: Sejarah Telkom Rating: 4.5 Reviewer: Dmlisin ItemReviewed: Sejarah Telkom
Al
Mbah Qopet Updated at: Sunday, April 21, 2013

0 komentar:

Post a Comment

semoga ber manfaat dan jangan lupa tinggalkan pesan,like,dan share