English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Tuesday, April 23, 2013

perangkat input pada komputer



         Unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Input devices atau unit masukan yang umumnya digunakan personal computer (PC) adalah keyboard dan mouse, keyboard dan mouse adalah unit yang menghubungkan user (pengguna) dengan komputer.

Input device berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar sistem ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah dan menghasilkan informasi yang diperlukan. Data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer dapat berbentuk signal input dan maintenance input. Signal input berbentuk data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer, saya akan membuat semenarik mungkin pada contoh dan gambarnya:
nah kembali ke contohnya ya:

  1.  Keyboard
Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file.. Keyboard sekarang yang kita kenal memiliki beberapa jenis port, yaitu:
port serial,ps2,usb dan wireless.




Jenis-Jenis Keyboard :
  1. QWERTY  
  2. DVORAK  
  3. KLOCKENBERG
Keyboard yang biasanya dipakai adalah keyboard jenis QWERTY, yang bentuknya ini mirip seperti tuts pada mesin tik. Keyboard QWERTY memiliki empat bagian yaitu :
  1.  typewriter 
  2. key numeric 
  3. key function 
  4. key special function key. 
2.  Mouse


Mouse adalah salah unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard. Mouse mulai digunakan secara maksimal sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI.
Saat ini mouse dilengkapi pula dengan tombol penggulung (scroll), dimana letak tombol ini terletak ditengah. Istilah penekanan tombol kiri disebut dengan klik (Click) dimana penekanan ini akan berfungsi bila mouse berada pada objek yang ditunjuk, tetapi bila tidak berada pada objek yang ditunjuk penekanan ini akan diabaikan. Selain itu terdapat pula istilah lainnya yang disebut dengan menggeser (drag).Penekanan tombol kiri mouse dua kali secara cepat dan teratur disebut dengan klik ganda (double click) sedangkan menekan tombol kanan mouse satu kali disebut dengan klik kanan (right click)Mouse terdiri dari beberapa port yaitu mouse serial, mouse ps/2, usb dan wireless.

3. Joy Stick dan Games Paddle

Alat ini biasa digunakan pada permainan (games) komputer. Joy Stick biasanya berbentuk tongkat, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer




4. Scanner

Scanner adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng-copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer. Dari memori komputer selanjutnya, disimpan dalam harddisk ataupun floppy disk. Fungsi scanner ini mirip seperti mesin fotocopy, perbedaannya adalah mesin fotocopy hasilnya dapat dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya dapat ditampilkan melalui monitor terlebih dahulu sehingga kita dapat melakukan perbaikan atau modifikasi dan kemudian dapat disimpan kembali baik dalam bentuk file text maupun file gambar.

5. Kamera Digital

Perkembangan teknologi telah begitu canggih sehingga komputer mampu menerima input dari kamera. Kamera ini dinamakan dengan Kamera Digital dengan kualitas gambar lebih bagus dan lebih baik dibandingkan dengan cara menyalin gambar yang menggunakan scanner. Ketajaman gambar dari kamera digital ini ditentukan oleh pixel-nya. Kemudahan dan kepraktisan alat ini sangat membantu banyak kegiatan dan pekerjaan. Kamera digital tidak memerlukan film sebagaimana kamera biasa

6. Mikropon dan Headphone

Unit masukan ini berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang akan disimpan dalam memori komputer atau untuk mendengarkan suara. Dengan mikropon, kita dapat merekam suara ataupun dapat berbicara kepada orang yang kita inginkan pada saat chating.







         cuma ini yang bisa saya posting untuk sobat tapi gimana sahabat DM???
 ngerti kan apa yang saya possting dan sangat menarik kan gambarnya, semoga bermanfaat ya buat shobat jangan lupa share,like,dan coment ta kalau belum mengerti. pasti saya bantu.
selamat mencoba dan semoga sukses. ooiiyaa!!!!! ada juga loch artikel tentang perangkat output pada komputer jangan lupa lihat juga ya siapa tau kalian membutuhkan

'PERHATIAN'
Anda sedang membaca artikel tentang perangkat input pada komputer dan anda bisa menemukan artikel perangkat input pada komputer ini dengan url http://dmlisin.blogspot.com/2013/04/perangkat-input-pada-komputer.html, anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel petangkat input pada komputer ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link  perangkat input pada komputer sumbernya.


Terkait

Description: perangkat input pada komputer Rating: 4.5 Reviewer: Dmlisin ItemReviewed: perangkat input pada komputer
Al
Mbah Qopet Updated at: Tuesday, April 23, 2013

2 komentar:

  1. siipp,,komplit
    Full Chord™
    http://fchords.blogspot.com/
    Full Chord™

    ReplyDelete
  2. makasih shobat semoga blog anda bermanfaat juga dan banyak yang mengunjungi,jangan lupa like dan gabung ke shobat DM

    ReplyDelete

semoga ber manfaat dan jangan lupa tinggalkan pesan,like,dan share